Pakar Komunikasi Politik: Kecil Kemungkinan PDI-P Mau Bergabung dengan 6 Koalisi Partai Pada Pilkada Jakarta

By Admin


nusakini.com - Pakar Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, di Jakarta, Sabtu (9/7/2016), menilai, kecil kemungkinan PDI-P untuk bergabung dalam koalisi seperti yang disebut Sandiaga, sebagai koalisi 7 Partai untuk melawan calon independen Pilkada DKI Jakarta (partai yang dimaksud adalah PDI-P, Gerindra, PKS, Demokrat, PPP, PKB, dan PAN).

Bahkan, dengan kapasitas PDI-P sebagai pemilik kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta, ada kemungkinan PDI-P mengajukan calonnya sendiri. 

"Yang paling besar kemungkinannya koalisi itu terjadi minus PDI-P. Kemungkinan besar bila PDI-P sendiri, maka PKB dan PPP akan merapat ke PDI-P," kata Hendri. 

Jika skenario yang dijelaskan Hendri terjadi, maka kemungkinan besar akan ada tiga pasang calon yang bertanding pada Pilkada DKI tahun depan. 

Komposisi tiga pasang calon berasal dari kubu jalur independen dengan dukungan tiga parpol, calon usungan PDI-P dan koalisinya, serta calon dari koalisi Gerindra dan teman-temannya. 

Menurut Hendri, dari penilaian Sandiaga soal tujuh parpol "Koalisi Rakyat Jakarta", masih akan sulit mempertemukan PDI-P dengan Partai Demokrat. 

Jika hal itu bisa diatasi, maka ada kemungkinan ketujuh parpol tersebut bisa berkoalisi untuk berhadapan dengan pasangan calon jalur independen.(ifm/mk)